Senin, 18 Oktober 2010

Muswil Muhammadiyah Kalimantan Tengah ke-VII

Pada tanggal 15-17 Oktober 2010, Muhammadiyah Kalimantan Tengah mengadakan Musyawarah Wilayah yang ke-VII. Pelaksanaan Musyawarah Wilayah tersebut dilaksanakan di Kuala Kapuas, ibukota Kabupaten Kapuas. Pimpinan pusat mengutus Sukrianto. AR untuk membuka acara tersebut. Hadir dan memberikan sambutan pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Drs. Ahmad Diran. Selain itu. Acara pembukaan Muswil dihadiri pula oleh Bupati Kapuas H. Mawardi, beserta dengan aparatur pemerintahan kabupaten Kapuas lainnya. Sebelum acara pembukaan, dilaksanakan pawai ta’ruf yang diikuti oleh semua PDM yang hadir.

PDM Katingan mendapat kouta 15 orang. Namun, yang bisa menghadiri kegiatan akbar Muhammadiyah se-Kalteng itu hanya 8 orang. 2 orang dari PCM Tumbang Sanamang, yaitu Zainal Abidin, dan Thohirun. PCM Tumbang Samba, yaitu H. Husni Marmaya, dan Adiansyah, SH. PCM Kasongan, Leda –Almuqsith. Serta dari PCM Dahian Tunggal atas nama Asep Nurzuman. Sedangkan dari unsur PDM Katingan Wirman, S.Pd, dan Sardinie U. Budin. Untuk PCM Talaga dan PCM Pagatan tidak mengirimkan wakilnya. Kekurangan jumlah utusan tersebut karena banyak yang tidak bisa berangkat. Hal ini terkait dengan kesibukan dan lain-lain.
Di Kapuas, utusan diinapkan di komplek perguruan Muhammadiyah Kapuas di jalan Barito. Sedangkan pelaksanaan pembukaan dan siding-sidang dilaksanakan di gedung Gandang Garantung yang terletak di jalan teratai. Pelaksanaan Muswil cukup meriah. Pada acara pembukaan dilakukan pula pemaparan tentang hadil penelitian tentang sejarah Muhammadiyah Kalimantan Tengah. Kegiatan ini dilakukan oleh Dr. Muhammad dan kawan-kawan.
Acara sidang pleno Muswil dimulai dengan penyampaian laporan pertanggung jawaban Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah periode 2005-2010. Selanjutnya disampaikan laporan dari masing-masing PDm. Sebanyak 13 PDM maju secara bergiliran untuk menyampaikan laporan kegiatan yang telah dilaksanakan mereka. Pada saat tersebut, peserta menerima laporan Pertanggung Jawaban Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah.
Hari minggu, 17 Oktober 2010 pukul 09.00 WIB acara pemilihan anggota Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah periode 2010-2015 mulai dilakukan. Satu persatu peserta maju untuk memberikan suaranya. Acara pemilihan anggota pimpinan ini berbeda dengan cara di organisasi lain. Pemilihan anggota Pimpinan wilayah dilakukan oleh Panitia Pemilihan. Yang dalam hal ini diketuai oleh Drs. Jairi yang sehari-hari menjabat Rektor Universitas Muhammadiyah Palangaraya. Pada pukul 11.30 WIB acara pemilihan pun selesai. Selanjutkan dilakukan penghitungan suara. Di Muhammadiyah, peserta tidak hanya memilih  1 orang calon pimpinan, tapi memilih 13 orang calon dari 26 calon yang telah ditetapkan oleh sidang. Dari 13 calon terpilih tersebut nantinya yang akan berembuk menentukan siapa Ketua PWM yang terpilih. Hal ini sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah. Pada periode 2005-2010, PWm Kalimantan Tengah dipimpin oleh Drs. Muhtar.

Inilah uniknya organisasi Muhammadiyah. Pemilihan pimpinan organisasi dilakukan secara rapi, serta dilakukan secara serentak, sehingga pada saat nanti, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah merupakan pimpinan yang Kolektif-Kolegial.
Berdasarkan hasil perhitungan suara yang dilakukan secara langsung di depan peserta Muswil, terpilih 13 orang dengan suara terbanyak yaitu :
1.       Bulkani (jumlah suara = 97),  Jairi (jumlah suara = 97), HM. Yamin Muhtar (jumlah suara = 90), Muhtar  (jumlah suara = 90), Abubakar. HM (jumlah suara = 89), Syairi Abdulah (jumlah suara = 88), Ahmad Syar’I  (jumlah suara = 86), Abdul Kadir (jumlah suara = 84), Nurmuslim (jumlah suara = 78), Rois Mahfudz (jumlah suara = 74), Mazrur (jumlah suara = 68), Zuhri (jumlah suara = 64), Saijo (jumlah suara = 46). Ke-13 orang anggota Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah tersebut bersepakat memilih Ahmad Syar’I sebagai ketua PWM Kalimantan Tengah periode 2010-2015.
Besar harapan kita bahwa mereka yang dipilih menjadi Anggota Pimpinan Wilayah Muhammadiyah akan dapat mengemban amanah persyarikatan dengan sebaik-baiknya, serta memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi warga Muhammadiyah, serta seluruh maysarakat Kalimantan Tengah.
Pada acara Muswil tersebut juga dipilih secara musyawarah mufakat anggota tanwir Muhammadiyah. Muswil memutuskan Ketua dan Sekretaris, Dilwani Kadir dari PDM Pangkalan Bun, Ta’abud Ama dari PDM Murung Raya, dan Sahdin Hasan dari PDM Kota Palangkaraya sebagai anggota tanwir utusan Kalimantan Tengah. Sidang juga memutuskan bahwa tuan rumah Muswil Muhammadiyah ke-VIII tahun 2015 di Palangkan Bun, kabupaten Kotawaringin Barat.
Selain itu, Muswil juga memmutuskan berbagai hal seperti program kerja periode yang akan datang, Rekomendasi dan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar