Selasa, 05 Oktober 2010

Menunggu Kiprah TNI

Beberapa tahun yang lalu kita biasa mendengar istilah AMD. Istilah tersebut merupakan singkatan dari ABRI Masuk Desa. AMD dilaksanakan oleh ABRI dalam rangka meningkatkan kedekatan dengan rakyat. Para tentara melakukan berbagai kegiatan dalam rangka membantu masyarakat untuk menyediakan fasilitas umum atau fasilitas sosial. Bahan yang diperlukan merupakan urunan antara pihak tentara dengan masyarakat. Umumnya fasilitas yang dibangunan atau direhab antara lain bangunan seperti puskemas, masjid, gereja, MCK, pembuatan jalan dan sebagainya. Untuk mengingat parsipasi ABRI tersebut, masyarakat di kampong saya memberi nama jalan dengan Jalan AMD.
Seiring dengan bergulirnya gelombang reformasi di tanah air, seiring pula dengan reformasi ditubuh ABRI, maka ABRI berubah menjadi TNI. Perubahan ini ditandai dengan berpisahnya kepolisian dari unsur TNI. Dengan adanya reformasi tersebut, kegiatan TNI juga mengalamai banyak perubahanan. Gerak langkah TNI lebih terfokus pada penyiapan personil untuk kegiatan peperangan. Sehingga, kegiatan sosial kemasyarakatan mengalami kekurangan. Hal ini setidaknya ditandai dengan semakin sepinya kegiatan TNI di bidang kemasyarakatan. Tentara ditarik ke barak, sehingga mereka seperti mengasingkan diri dari kehidupan nyata masyarakat.

Saat ini peran TNI dibidang kemasyarakatan hanya sayup-sayup terdengar. Begitu banyak orang yang trauma dengan sepak terjang ABRI dimasa lalu. Banyak yang menilai bahwa ABRI pada saat itu mengemban tugas lebih dari yang seharusnya mereka lakukan. Hal itu sebenarnya bukan semata-mata salah ABRI tapi, perbuatan segelintir oknumnya lah yang membuat institusi itu dibenci oleh sebagian orang. Diakui atau tidak, TNI telah memberikan sumbagan besar bagi proses pembangunan masyarakat, khususnya melalui peran mereka dalam AMD.
Sampai saat ini kiprah TNI semakin di bidang kerjasama dengan masyarakat semakin sepi. Kalaupun ada, informasi yang kita sangat sedikit. Entah atau yang terjadi. Mungkin karena anggaran terbatas, atau manfaatnya yang sedikit bagi TNI, atau ada hal-hal lain yang menjadi penyebabnya. Kiprah TNI hendaknya dibangkit kembali. Sebab, perang fisik yang dikomandoi oleh TNI mungkin sangat jarang terjadi. Semua orang didunia ini tentu menginginkan kedamaian.
Terorisme yang berkedok perampokan merupakan gejala gangguan stabilitas masyarakat yang suatu saat akan menjalar menjadi instabilitas Negara. TNI sebagai institusi pertahanan seharusnya bergerak cepat untuk mengantisipasi. Sebab, masalah terorisme merupakan masalah Negara, dan hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab kepolisian semata. Disinilah letak pentingnya kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dengan adanya kegiatan seperti TNI Masuk Desa merupakan salah satu upaya untuk menekan masalah itu. TNI tidak boleh lagu hanya menunggu perang terjadi baru bergerak. Kegiatan TNI Masuk Desa harus mampu menjadikanlangkah TNI dalam mengatasi masalah terorisme di Negara kita ini.
Masyarakat dan TNI harus bahu membahu dalam menjaga keuntuhan NKRI. Untuk itu diperlukan kerjasama yang intensif. Bentuk kerjasama itu dapat berupa berperan sertanya TNI dalam kegiatan keseharian masyarakat. Kedekatan TNI merupakan modal yang sangat berharga dalam membina masyarakat.
Membangun sarana dan prasarana masyarakat, membina mental dan sikap, mengembangkan potensi yang ada ditengah masyarakat merupakan salah sau bentuk partisipasi TNI dalam menjaga keutuhan bangsa. Dengan kegiatan tersebut, TNI menjadi lebih dekat dengan masyarakat sebagai mitra kerjanya. Rakyat tentu sangat mengharapkan bantuan nyata dari TNI.
Kita akui bahwa tidak semua personil TNI yang baik. Namun, sangat banyak anggota TNI yang baik. Merupakan kader rakyat yang diserahkan kepada TNI untuk dibina dan dimanfaatkan bagi pertahanan bangsa dan Negara. Karena itu, personil TNI harus mampu mendekatkan dirinya dengan rakyat sebagai induk semangnya. Istilah tentara rakyat merupakan personifikasi dari kekuatan TNI dalam menjaga rakyatnya. Untuk itu, diperlukan kerjasama yang baik. Tentara rakyat adalah tentara yang berjuang bersama rakyat, bukan tentara yangmemmusuhi rakyatnya. Selamat Ulang Tahun ke-65 TNI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar