Selasa, 17 Agustus 2010

KEMERDEKAAN MACAM APA ?

Hari ini kita kembali memperingati kemerdekaan negara kita. Peringatan kali ini merupakan peringatan yang ke-65 kali. Artinya sudah 65 kali kita sudah melakukan kegiatan yang sama. Seluruh penjuru tanah air melakukan upacara bendera sebagai tanda peringatan kemerdekaan tersebut. Berbagai kejadian dan kegiatan dilakukan untuk memeriahkan HUT tersebut. Semarak HUT kemerdekaan terasa seantero negeri, mulai dari lomba makan kerupuk sampai kegiatan mendaki gunung mewarnai perayaan kali ini.

Perlu diingat kembali, bahwa kemerdekaan yang kita rayakan saat ini adalah kemerdekaan dari penjajahan. Karena itulah, dalam tek proklamasi kita tertuang kalimat “hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain akan diselenggarakan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya”. Kalimat ini menyiratkan bahwa kemerdekaan kita hanya kemerdekaan dari penguasaan bangsa lain. Selanjutnya, tentu tugas kita untuk mempertahankannya. Portugis, Belanda, dan Jepang merupakan bangsa-bangsa yang telah menjajah bangsa kita. Ada yang berkuasa berabad-abad, ada pula yang hanya beberapa tahun. Semua penjajahan tersebut membekaskan duka yang mendalam di setiap relung hati seluruh rakyat Indonesia. Penjajahan terbukti membawa kesengsaran bagi kita semua. Namun disisi lain, penjajahan telah mampu membangkitkan semangat perjuangan serta semangat persatuan bagi kita semua.
Sampai saat ini masih banyak orang Indonesia yang mempertanyakan kemerdekaan yang telah kita terima. Pertanyaan tersebut mulai yang sederhana sampai ke pertanyaan yang memerlukan pemikiran yang sangat dalam untuk menjawabnya. “Kemerdekaan macam apakah yang kita rasakan sekarang ini ?” merupakan salah satu pertanyaan yang selalu terlontar dari mulut kita.

Untuk menjawab pertanyaan itu, kita harus tahu apa itu kemerdekaan, untuk apa kemerdekaan, tujuannya apa, serta apa yang harus dilakukan dengan kemerdekaan. Kemerdekaan merupakan hak semua orang. Namun kemerdekaan tersebut bukan berarti kebebasan tanpa batas. Bukan pula kesempurnaan dalam segala hal. Pada setiap kemerdekaan pasti disertai dengan bermacam masalah. Merdeka bukanlah bebas dari segala halangan, rintangan, tantangan, dan hambatan. Justru kemerdekaan itu akan membentangkan tantangan, rintangan, halangan, dan hambatan. Namun, pada kemerdekaan juga menyertakan harapan, kebaikan, kesuksesan, kesenangan, dan sebagainya, dengan syarat kita harus mampu mensyukuri kemerdekaan tersebut.
Bagi kita yang masih bertanya tentang hakekat kemerdekaan, maka kita perlu untuk memperlajari kembali naskah proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945. Apabila hal itu sudah dilakukan pasti akan timbul kesadaran dalam diri kita bahwa begitu banyak hal yang harus diperjuangkan untuk memerdekakan bangsa kita dari berbagai hal. Sekarang ini kita sering terjebak bahwa kemerdekaan yang diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945 itu merupakan kemerdekaan selurunya. Padahal, bukan begitu hakekatnya.
Merdeka dari penjajahan adalah kemerdekaan untuk mengurus diri sendiri. Selanjutnya adalah memerdekakan bangsa kita sendiri dari keterbelakangan, kebodohan, kemiskinan dan lain sebagainya. Memerdekakan diri sendiri tentu lebih sulit dibandingkan memerdekakan bangsa dari penjajahan. Buktinya, sampai saat ini masih banyak rakyat kita yang terbelakang, miskin, bodoh, dan lain sebagainya. Semua itu merupakan tantangan yang harus diselesaikan oleh kita semua.

Tantangan, halangan, rintangan dan sejenisnya merupakan bentuk penjajahan yang harus dihapuskan dari Negara kita. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan perjuangan yang tak kenal kata berhenti. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk hal tersebut adalah persatuan. Mustahil kita bias sejahtera bila kita masih belum bersatu. Kemerdekaan ekonomi, social, budaya dan lain-lain merupakan langkah selanjutnya yang harus diperjuangkan. Sudah bukan saatnya lagi kita mempertanyakan apa itu kemerdekaan, apalagi bila hal itu dipertanyakan oleh para cerdik pandai. Saat ini adalah saat bagi kita untuk mengatur langkah untuk menwujudkan kemerdekaan yang hakiki, yaitu kemerdekaan ekonomi, social, dan budaya.
Maka, jawaban atas pertanyaan “Kemerdekaan macam apa yang kita alami sekarang ini ?“ adalah kemerdekaan dari penjajahan Untuk kemerdekaan yang lainnya seperti kemerdekaan ekonomi, sosial budaya dan sebagainya tentu menjadi perjuangan kita untuk mendapatkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar